Minggu, 07 Juli 2013

Luas Hutan Kota Subang Menguap 1 Hektar

INILAH.COM, Subang - Luas Hutan Kota Ranggawulung, yang letaknya sekitar setengah kilometer dari jantung Kota Kabupaten Subang, menyusut dari awalnya 14 hektar.

"Berdasarkan sertifikat, luas lahan hutan kota 14 hektar," ujar Ading Suherman Kepala Dinas kehutanan dan perkebunan Kabupaten Subang saat di temui di areal hutan kota Subang Jumat (17/5/2013).



Saat diukur ulang beberapa waktu yang lalu keberadaan luas lahan kota ini menjadi 13 hektar dan 1 hektar diklaim milik pribadi.

Terkait siapa yang mengklaim, Ading mengatakan adalah warga sekitar." Karena lamanya menggarap lahan makanya dia mengklam lahan jadi miliknya," paparnya.

Ading membenarkan jika beberapa waktu yang lalu di hutan kota juga terjadi pembalakan liar, namun pembalakan itu terjadi di areal satu hektar yang diklaim warga tersebut," Iya pembalakan ada, namun itu sering terjadi di lahan yang satu hektar diklaim warga itu," katanya.

Dalam upaya mengembalikan lahan hutan kota yang menyusut tersebut, Pemkab Subang akan kembali mengukur lahan yang berada di hutan kota Ranggawulung Kabupaten Subang.

Ading, menambahkan saat ini Hutan kota Ranggawulung yang terletak di kelurahan Parung Kecamatan Subang, memiliki fasilitas jogging track sepanjang 800 meter, tempat duduk 8 buah, pos jaga 1 buah, gazibu sebanyak 1 buah, musala sebanyak 1 buah, gapura sebanyak 1 buah, papan nama hutan kota Ranggawulung 1 buah dan sumber mata air.

"Hutan kota Ranggawulung memiliki 7.524 pohon yang terdiri dari tanaman kehutanan perkebunan dan buah-buahan, " pungkasnya. [ito]


Sumber :
Zaenal Muraqin
http://m.inilahkoran.com/read/detail/1990341/luas-hutan-kota-subang-menguap-1-hektar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar