Senin, 21 Desember 2009

PROFIL KABUPATEN SUBANG


Kabupaten Subang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Subang. Kabupaten Subang secara geografis terletak antara 10731' - 10754' Bujur Timur dan 611' - 649' Lintang Selatan.
Wilayah Kabupaten Subang berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Indramayu di timur, Kabupaten Sumedang di tenggara, Kabupaten Bandung di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di barat. Luas wilayah Kabupaten Subang 2.051,76 km2. Kabupaten Subang terbagi atas 253 desa dan kelurahan yang tergabung dalam 22 kecamatan.
Sebagai penyandang predikat sebagai salah satu lumbung padi nasional, Kabupaten Subang menyumbangkan produksi padi yang mencapai 1.020.606 ton terhadap stok padi nasional. Produksi padi tersebut dihasilkan dari lahan basah 1.015.695 ton dan sisanya dari ladang. Varietas padi yang banyak ditanam di antaranya veriatas Ciherang, IR-64, Cigeulis dan PB-42. Sentra produksi padi terdapat di Kecamatan Binong, Pusakanagara, Ciasem, Pamanukan, Patokbeusi dan Blanakan.
Selain tanaman pangan, potensi sektor pertanian lainnya berupa palawija. Terdapat 5 jenis komoditas palawija, yakni jagung, dengan sentra produksi di Kecamatan Pagaden, Purwadadi dan Jalancagak, ubi kayu, dengan sentra produksi terdapat di Kecamatan Purwadadi, Sagalaherang, Cijambe dan Cipeundeuy, ubi jalar, dengan sentra produksi terdapat di Kecamatan Purwadadi, Jalancagak dan Sagalaherang, kacang tanah, dengan sentra produksi di Kecamatan Kalijati dan kedele, dengan sentra produksi di Kecamatan Compreng.
Di sektor perkebunan, daerah pegunungan yang berada di sebelah selatan merupakan areal komoditas perkebunan seperti cengkeh, kopi, tebu dan teh. Perkebunan besar yang ada, pada saat ini diusahakan oleh PT. Perkebunan VIII untuk komoditas karet dan teh. Sedangkan perkebunan tebu diusahakan oleh Pabrik Gula PT. Rajawali III.
Kabupaten Subang merupakan salah satu daerah penghasil minyak bumi dan gas alam, bahkan potensi migasnya terbilang cukup besar. Kabupaten Subang juga memiliki berbagai jenis sumber daya mineral. Potensi sumber daya pada sektor ini yang paling besar adalah bahan galian C. Dari jenis bahan mineral tersebut yang paling banyak ditambang dan dimanfaatkan adalah jenis bahan galian untuk bahan bangunan seperti batu belah, pasir dan sirtu. Sedangkan jenis bahan galian yang potensial untuk ditambang yang tersebar di beberapa kecamatan adalah sebagai berikut Pasir Pantai, Lempung, Lempung dan Trass, Sirtu, Gypsun, Batu Belah, Batu Gunung, Pasir Gunung, Pasir, Puzolan, Belerang, Yarosite, dan Batu Gamping.


Sumber Data:
Jawa Barat Dalam Angka 2007
(01-7-2007)
BPS Provinsi Jawa Barat
Jl. PHH Mustapa No. 43, Bandung 40124
Telp (022) 7272595, 7201696
Fax (022) 7213572
Sumber :
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=3213

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar